Pengabdian kepada Masyarakat Program Studi Pendidikan Kimia “Pelatihan Pembuatan E-Modul bagi Guru Menggunakan Canva di MA Al-Fatah Palembang”

Kamis, 10 Maret 2022 Program Studi Pendidikan Kimia melaksanakan pengabdian kepada masyarakat hari kedua dengan tema “Pelatihan Pembuatan E-Modul bagi Guru Menggunakan Canva di MA Al-Fatah Palembang”.

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Dr. Indah Wigati, M.Pd.I., dengan materi e-modul. Beliau menjelaskan terkait karakteristik modul yang baik, prosedur penyusunan e-modul yang terdiri dari: (a) tahap analisis kebutuhan e-modul, (b) tahap desain e-modul, (c) tahap validasi dan penyempurnaan rancangan e-modul.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Moh. Ismail, M.Pd., dengan materi praktik pembuatan cover e-modul menggunakan canva. Beliau mentutorialkan alur pembuatan cover e-modul yaitu: (1) melakukan pencarian dengan kata kunci cover book, (2) tentukan desain template terbaik, (3) galeri canva diisi oleh berbagai macam layout yang telah didesain secara profesional, (4) tentukan desain cover buku terbaik yang Anda inginkan atau pilih berdasarkan genre, seperti percintaan, thriller, buku masak, buku anak dan lainnya, (5) selanjutnya edit sesuai dengan selera, (6) disimpan dan diunduh sesuai dengan keinginan.

Selanjutnya materi pendahuluan dalam e-modul disampaikan oleh Ravensky Yurianty Pratiwi, S.Pd., M.Si. Adapun bagian-bagian yang dijelaskan terkait daftar isi, kompetensi isi, kompetensi dasar, dan peta konsep.

Setelah materi pendahuluan dalam modul, materi selanjutnya yaitu isi e-modul dijelaskan oleh Resti Tri Astuti, M.Pd. Bagian isi e-modul yang dijelaskan yaitu materi pelajaran, tujuan, uraian materi, rangkuman dan latihan essay.

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia juga turut memprestasikan produk hasil tugas akhirnya yang menggunakan aplikasi canva.

Setiap guru yang terlibat pengabdian ini mempraktikan pembuatan e-modul secara langsung didampingi oleh setiap dosen Program Studi Pendidikan Kimia sehingga menghasilkan produk dalam bentuk pdf.

Acara kegiatan pengbdian kepada masyarakat hari ini ditutup dengan sambutan dari ketua Program Studi Pendidikan Kimia dan Kepala MA Al-Fatah. Ketua Program Studi Pendidikan Kimia menyampaikan ucapan terima kasih karena dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini, guru-guru MA Al-Fatah terlihat antusias dan semangat. Guru-guru MA Al-Fatah terlihat aktif bertanya kepada dosen-dosen Program Studi Pendidikan Kimia yang mendampingi proses pembuatan e-modul.

Kepala MA Al-Fatah Palembang mengucapkan terima kasih pada Program Studi Pendidikan Kimia sudah berbagi pengetahuan terkait canva pada guru-guru MA Al-Fatah. Semoga pengetahuan yang didapat dapat menjadi bekal bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di MA Al-Fatah (EJ).

 

Tags: No tags

Leave a Comment