Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Kimia “Pembelajaran Abad 21 : 4C, PPK, Literasi, Higher Order Thingking skill (HOTS) & Cek Mata dan Pemberian Kacamata Gratis oleh OPTIK Britania Bekerjasama dengan Rumah Zakat di MA Aulia Cendikia Palembang”

Tim Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang melakukan pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 29 Januari 2021 di MA Aulia Cendikia Palembang dengan tema “Pembelajaran Abad 21 : 4C, PPK, Literasi, Higher Order Thingking skill (HOTS), sekaligus Cek Mata dan Pemberian Kacamata Gratis oleh OPTIK Britania Bekerjasama dengan Rumah Zakat”. Acara diawali dengan kegiatan pembukaan di Aula MAS Aulia Cendikia. Dalam rangkaian acaranya, sambutan pertama disampaikan oleh Dr. Inda Wigati, M.Pd.I selaku ketua Program Studi Pendidikan kimia. Beliau menyampaikan tujuan dari kedatangan tim Program Studi Pendidikan kimia ini untuk bersilaturahmi dan berbagi ilmu pengatahuan mengenai kemampuan berpikir kritis, pembelajaran abad 21 serta pengembangan soal berbasis HOTS. Kegiatan ini merupakan tahapan awal dari kegiatan Pengabdian Prodi Pendidikan Kimia, dan kemudian akan dilakukan pendampingan secara online. Sambutan selanjutnya disampaikan perwakilan MAS Aulia Cendikia yang disampaikan oleh Dumyati, S.Pd.I selaku Kepala Madrasah. Dalam sambutannya pihak yayasan  mengucapkan terima kasih kepada Prodi Pendidikan Kimia yang telah melaksanakan pengabdian di MAS Aulia Cendikia. Harapan beliau semua guru dapat mengupdate ilmu pengetahuan dan mampu mengaplikasikannya dalam mendidik siswa. Acara pembukaan ditutup dengan doa dan foto bersama.

Setelah kegiatan pembukaan selesai, kegiatan dalam pengabdian kepada masyarakat ini terbagi menjadi dua yaitu kegiatan penyampaian materi mengenai karakteristik pembelajaran abad 21, 4C, PPK, literasi dan HOTS yang diberikan untuk guru di aula dan pemberian kaca mata gratis untuk siswa/i yang dilaksanakan oleh TIM OPTIK Britania Zakat di ruang kelas MAS Aulia Cendikia. Pemaparan Materi dilakukan oleh Dosen Prodi Pendidikan Kimia UIN Raden Fatah Palembang yang terbagi menjadi tiga materi utama. Materi yang pertama mengenai Pemaparan Pendidikan Penguatan Karakter dan 4C. Materi ini disampaikan oleh Dr. Indah Wigati, M.Pd.I dan Moh. Ismail Sholeh, M.Pd. Dalam paparanya, narasumber menjelaskan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam menghadapi tantangan abad 21, dan  siswa harus memiliki kemampuan 4C yaitu critical thingking (kemampuan berpikir kritis), creatif dan inovatif (kreatif dan inovatif), communication (komunikasi), dan collaboration (kerjasama). Selain itu juga dipaparkan lima nilai utama dalam penguatan pendidikan karakter diantaranya religius, nasionalis,gotong royong integritas, dan mandiri. Pada akhir pemaparran materi pertama, narasumber, memberikan contoh implementasi 4C dan karakter PPK dalam RPP  pembelajaran.

Materi kedua yaitu mengenai  kecakapan literasi pada abad 21 yang disampaikan oleh Resti Tri Astuti, M.Pd dan Pandu Jati Laksono, M.Pd. Pemaparan materi dimlai dengan penyampaian enam konsep dasar literasi yaitu baca tulis, numerasi, sains, ict, digital dan budaya & kewargaan. Kemudian, narasumber memeparkan gerakan literasi sekolah, kegiatan pengembangan dan kegiatan pembelajaran yang diintegrasikan dengan kecakapan literasi.

Materi terakhir yaitu Higher Order Thinking Skills (HOTS)  disampaikan oleh Etrie Jayanti, M.Pd dan Ravensky Yurianty Pratiwi, S.Pd, M.Si. Materi yang disampaikan sangat kompleks mulai dari definis soal HOTS, pentingnya soal HOTS, karakteristik soal HOTS,  taksonomi berpikir, dimensi proses kognitif, tips menulis soal HOTS dan pemberian contoh soal-soal HOTS pada berbagai mata pelajaran. Peserta dalam kegiatan  pengabdian kepada masyarakat ini terlihat semangat dan fokus dalam mengikuti paparan materi dari narasumber dan juga terlihat antusias dalam memberikan jawaban terkait analisis soal HOTS dari berbagai mata pelajaran.

Setelah acara di aula selesai, Tim Prodi Pendidikan Kimia dan Kepala Sekolah, berpidah tempat ke kelas untuk melihat proses pengecekan mata dan pembuatan kaca mata gratis untuk siswa/siswi MAS Aulia Cendikia. Jumlah siswa yang diperiksa berjumlah 60 Siswa. Dari hasil pemeriksaan 60 siswa tersebut didapatkan hasil bahwa 22 orang memiliki gangguan pengelihatan miopi (rabun jauh) atau yang lebih dikenal dengan sebutan mata minus, sehingga 22 siswa tersebut mendapatkan kacamata gratis dari pihak OPTIK Britania yang bekerja sama dengan Rumah Zakat serta Prodi Pendidikan Kimia UIN Raden Fatah Palembang.

Semoga kegiatan pengabdian kepada masyarakat Program Studi Pendidikan Kimia yang bermitra dengan OPTIK Britania & rumah zakat ini dapat menjadikan hubungan silahturhami dengan MA Aulia Cendakia Palembang semakin baik dan kedepannya dapat melakukan kegiatan sejenis yang memberikan manfaat kebaikan bagi semua pihak (RYP/EJ).

 

Tags: No tags

Leave a Comment