Pengabdian Kepada Masyarakat “Pengembangan Instrumen Penilaian Auntentik dalam Kurikulum 2013 di MAN 1 Oku Timur”

Pada tanggal 3-5 September 2018, tim prodi pendidikan kimia melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013” berlokasi di MAN 1 Oku Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk pendampingan pengembangan instrumen penilaian autentik dalam kurikulum 2013 dengan sasaran seluruh guru mata pelajaran di lingkungan MAN 1 Oku Timur.

Pada hari pertama peserta workshop diberikan pretes. Pretes dilakukan sebelum pengembangan instrumen penilaian autentik dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana guru memahami tentang penilaian autentik. Postes dilakukan setelah seluruh kegiatan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ketercapaian indikator dalam pengembangan instrumen autentik.

Setelah pretes, selanjutnya pemaparan materi tentang definisi dan konsep penilaian autentik dalam kurikulum 2013 dan bentuk penilaian autentik dalam kurikulum 2013. Pemaparan materi dilakukan oleh nara sumber yaitu Ibu Wiwid Pungki Ningrum, M.Pd.

Pada pertemuan hari pertama diharapkan Guru MAN 1 OKU Timur memiliki kesadaran tentang pentingnya penilaian autentik, kemampuan dalam menjelaskan tentang definisi, tujuan, prinsip dan bukti-bukti autentik. Selain itu, output yang diperoleh berupa pemahaman tentang definisi penilaian autentik, tujuan penilaian autentik, prinsip penilaian autentik, penilaian dengan bukti-bukti autentik.

Pada sesi ke-2 hari pertama, dilakukan penyampaian materi tentang langkah-langkah penyusunan penilaian autentik dalam kurikulum 2013. Langkah-langkah pembuatan instrumen penilaian kinerja, penilaian proyek, penilaian portofolio, penilaian tertulis, penilaian sikap, penilaian diri, penilaian produk. Langkah yang pertama yaitu memilih salah satu KD dari tema mata pelajaran yang diampu, mengidentifikasi kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan, menentukan bentuk penilaian yang harus digunakan sesuai kebutuhan, membuat format penilaian sesuai dengan KD, membuat instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan, membuat pedoman penskoran (rubrik).

Materi pada pertemuan kedua yaitu diskusi tentang langkah-langkah pembuatan instrumen penilaian kinerja, penilaian proyek, penilaian portofolio, penilaian tertulis, penilaian sikap, penilaian diri, penilaian produk.

Selanjutnya pada hari ke-tiga, peserta workshop praktik penyusunan penilaian autentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pada kegiatan ini diharapkan peserta memiliki kemampuan dalam membuat instrumen dan rubrik penilaian kinerja, penilaian proyek, penilaian portofolio, penilaian tertulis, penilaian sikap, penilaian diri, penilaian produk.

Praktik penyusunan penilaian autentik pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan di pimpin oleh Bapak Muhammad Isnaini, M.Pd.

Pada akhir pelatihan diharapkan guru MAN 1 OKU Timur telah menghasilkan instrumen dan rubrik penilaian kinerja, penilaian proyek, penilaian portofolio, penilaian tertulis, penilaian sikap, penilaian diri, penilaian produk dari masing-masing mata pelajaran dan bentuk penilaian yang disesuai berdasarkan KD dalam kurikulum 2013.

Tags: No tags

Leave a Comment