SEJARAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA

Program Studi Pendidikan Kimia di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang merupakan Prodi baru di lingkungan UIN Raden Fatah. Alih status IAIN Raden Fatah menjadi UIN Raden Fatah Palembang pada tanggal 20 Oktober 2014 memberikan peluang untuk menambah pembukaan prodi-prodi baru yang berbasis sainstek, salah satunya usul pembukaan Program Studi Pendidikan Kimia.

Untuk merealisasikan hal tersebut Rektor UIN Raden Fatah melalui Wakil Rektor 1 membentuk Tim Pengembangan dan Penguatan Fakultas yang akan mengembangkan Prodi-Prodi baru di Fakultas-Fakultas yang sudah mapan di lingkungan UIN Raden Fatah, maka dikeluarkanlah SK Rektor UIN Raden Fatah Nomor 53 Tahun 2015 tartangal 3 Februari 2015 tentang Tim Penguatan dan Pengembangan Fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah yang menugaskan untuk menyusun draf naskah proposal pengajuan Prodi-Prodi baru ke Dikti Kemendikbud Jakarta. Salah satu prodi baru tersebut adalah Prodi Pendidikan Kimia.

Pada awal penyusunan proposal pembentukan prodi baru Pendidikan Kimia ini, Tim Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan mengalami kendala serius yaitu tidak adanya dosen kompeten pada prodi Pendidikan Kimia yaitu yang mempunyai latar belakang pendidikan S1 dan S2 Pendidkan Kimia. Pada rapat mendadak pada tanggal 14 Maret 2015 pukul 16.00 WIB di ruang Wakil Rektor 1 UIN Raden Fatah Palembang, tim harus berusaha menyelesaikan proposal berikut lampiran yang diperlukan palig lambat tanggal 31 Maret 2015, berkas proposal sudah di upload ke Kementrian Riset dan Pendidikan tinggi Jakarta. Alhamdulillah berkat kerja keras dan cerdas tim dibantu Ibu Haniatus Sholihah, seorang dosen konrak BLU Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang lewat BBM bisa mendapatkan dosen yang sesuai kompeten di bidang Prodi Pendidikan Kimia yang melebihi target yang dibutuhkan. Dosen-dosen tersebut nantinya akan diangkat menjadi Dosen Kontrak BLU.